Tuesday, March 14, 2017

6 Tanaman Obat Penyakit Kulit

6 Tanaman Obat Penyakit Kulit

6 Tanaman Obat Penyakit Kulit - Tak dapat dipungkiri jika masalah kulit kerapkali terjadi diberbagai kalangan masyarakat. Gangguan kesehatan pada kulit biasanya dipengaruhi oleh jamur yang muncul karena kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan tubuhnya, seperti jarang mandi, membiarkan keringat dan sebum menempel di kulit terlalu lama, atau terkena paparan sinar matahari yang berlebihan.


Permasalahannya, penyakit kulit ini bisa sangat cepat dalam penyebarannya dan akan sangat mengganggu penampilan sehingga hal ini membuat seseorang menjadi kehilangan kepercayaan diri ketika bertemu dengan orang lain. Ada banyak jenis penyakit kulit dan berikut adalah jenis penyakit kulit yang umum terjadi di masyarakat Indonesia :
  • Panu
Panu adalah penyakit kulit yang mempunyai ciri khas munculnya bercak putih pada kulit. Panu biasanya disebabkan oleh infeksi jamur. Meskipun panu tidak membahayakan, namun munculnya panu di kulit akan memengaruhi rasa percaya diri seseorang yang mengalaminya. Panu terjadi sebagai akibat kurangnya menjaga kebersihan tubuh atau bisa jadi anda langsung mandi ketika tubuh dalam keadaan berkeringat
  • Kudis
Kudis adalah penyakit yang mempunyai tanda-tanda munculnya benjolan kecil atau lubang pori-pori yang menjadi besar pada kulit. Sekitar kulit yang terkena kudis akan ditemukan peradangan yang berwarna kemerahan. Kudis disebabkan oleh jamur Sarcoptes scabiei dan dapat menimbulkan rasa nyeri dan perih jika terpapar oleh sinar matahari. Anda juga tidak diperbolehkan untuk memegang kudis di kulit, sebab cairan didalamnya bisa pecah yang kemudian menyebar ke daerah sekitarnya sehingga menimbulkan infeksi yang baru lagi. Kudis terjadi akibat kurangnya kebersihan pada barang-barang pribadi seperti bantal, sprei, handuk, dan atau malas mencuci tangan.
  • Kurap
Kurap disebabkan oleh jamur Trichophyton atau Epidermophyton ini mempunyai ciri khusus berupa efek kemerahan yang menyerupai cincin lingkaran pada kulit yang disertai rasa gatal. Jika anda terus menerus menggaruk kurap yang gatal ini maka kurap akan semakin menginfeksi area sekitar kulit lainnya.
  • Kutu Air
Penyakit kulit ini biasanya akan menyerang sela-sela kaki. Kutu air yang disebabkan oleh jamur Epidermophyton floccosum memiliki ciri seperti kulit tampak mengelupas, retak-retak, bersisik, gatal dan mengeluarkan bau yang tak sedap. Penyakit ini biasanya terjadi akibat anda terlalu lama membiarkan kaki didalam sepatu atau kaus kaki yang lembab, kaki alergi terhadap detergen yang didalamnya terdapat bahan kimia, atau terlalu banyak kontak dengan air.

Tanaman Obat Penyakit Kulit

Setelah mengetahi berbagai jenis penyakit kulit yang paling sering dijumpai dikalangan masyarakat, pastinya anda ingin mengetahui juga berbagai cara pengobatan dan pencegahan dari berbagai jenis penyakit kulit tersebut bukan?

Mengingat kesemua penyakit kulit di atas bisa menyebar dengan cepat pada kulit dan bisa menurunkan tingkat percaya diri seseorang, maka perlu upaya dalam menangani penyakit kulit ini. Cara menyembuhkan penyakit kulit dengan cepat yaitu dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman obat penyakit kulit. Simak selengkapnya di bawah ini
  • Lengkuas
Selain biasa digunakan sebagai bumbu dapur, tanaman umbi-umbian ini sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah penyakit kulit, karena:
  1. Lengkuas mempunyai senyawa flavonoid yang dapat berperan sebagai anti-oksidan serta berfungsi untuk membunuh zat-zat asing dalam tubuh, termasuk jamur sebagai penyebab penyakit kulit.
  2. Lengkuas mempunyai senyawa galangin dan karioferida yang bersifat antiinflamasi, sehingga akan dengan mudah menyembuhkan peradangan yang disebabkan oleh berbagai jenis masalah kulit.
Menggunakan lengkus untuk menyembuhkan penyakit kulit cukup sederhana. Dengan hanya menumbuk lengkuas hingga halus, kemudian mencampurkan sedikit air dan selanjutnya oleskan lengkuas yang sudah ditumbuk halus tadi pada area kulit yang mempunyai masalah. Diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, bilas kulit dengan air bersih.
  • Tembakau
Sudah pasti anda mengetahui jenis tanaman ini, tanaman yang merupakan salah satu bahan utama dalam proses pembuatan rokok. Dan ternyata bagian daun dari tembakau sangat membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit kulit, karena:
  1. Daun tembakau berfungsi untuk memicu produksi kolagen didalam kulit. Kolagen merupakan protein bagi kulit sehiingga dapat mempercepat penyembuhan berbagai jenis penyakit kulit.
  2. Daun tembakau mempunyai senyawa flavonoid dan polifenol, di mana keduanya adalah antioksidan alami serta zat antiimflamasi yang dapat menyembuhkan peradang pada penyakit kulit.
Dalam menggunakan tembakau sebagai obat penyakit kulit. Anda cukup siapkan 3-5 helai daun tembakau, lalu tambahkan sedikit air didalamnya, setelah itu tempelkan segera daun tembakau yang sudah basah ke daerah kulit yang terkena penyakit kulit.
  • Jintan
Tanaman yang sering disebut jinten atau jintan ini adalah salah satu tanaman liar yang mempunyai ciri khusus berupa bunganya yang mempunyai petal berwarna putih dan putiknya yang berwarna kuning. Tanaman ini juga sangay bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit, karena:
  1. Daun jintan mempunyai senyawa zat fitosterin-B yang mempunyai sifat antiinflamasi dan antiseptik alami, sehingga bisa mengatasi peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh jamur.
  2. Daun jintan mempunyai antioksidan dalam senyawa quercetin dan asam klorogenat, sehingga bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi penyakit kulit dengan cepat.
Cara memanfaatkan daun jintan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit sangat simple. Cukup dengan menyediakan 5 lembar daun jintan, lalu tumbuk daun hingga halus dan campur dengan air yang telah matang. Setelah itu, oleskan daun jintan ke daerah kulit yang bermasalah.
  • Biduri
Biduri atau bisa juga disebut widuri adalah tanaman perdu tegak di mana ciri utamanya terletak di bagian bunganya yang mempunyai lapisan lilin serta berwarna putih keungu-unguan. Tanaman ini, terlebih bagian daunnya, sangat efektif dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, karena:
  1. Kandungan saponin, polifenol, flavonoid yang terdapat didalam daun biduri memiliki sifat antioksidan sehingga sangat luar biasa dalam menyembuhkan peradangan di kulit akibat jamur.
  2. Daun biduri mengandung tanin. Senyawa ini dikenal sebagai antidotum/penawar racun, sehingga dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit baik yang diakibatkan jamur ataupun alergi.
Mengolah daun biduri menjadi obat penyakit kulit sangat mudah, caranya siapkan daun biduri sebanyak 1 genggam tangan, lalu cuci daun biduri hingga bersih. Setelah itu, tumbuk daun biduri hingga halus dan campurkan sedikit air. Supaya lebih berkhasiat, anda dapat menambahkan beberapa tetes kapur sirih. Setelah itu, oleskan daun biduri ke area kulit yang bermasalah.
  • Lidah Buaya
Selain biasa digunakan sebagai tanaman hias, ternyata tanaman ini dikenal juga akan khasiatnya dalam mengatasi berbagai jenis penyakit pada tubuh. Lidah buaya berkhasiat mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, karena:
  1. Gliko-protein yang terkandung didalam lidah buaya memiliki peranan sebagau zar antiinflamasi yang mampu mengatasi peradangan akibat bakteri ataupun jamur di kulit.
  2. Lidah buaya mempunya kandungan hormon giberelin dan polisakarida yang berfungsi untuk mematikan bakteri maupun jamur yang bisa menimbulkan penyakit kulit secara seketika.
Mengolah lidah buaya untuk dijadikan obat penyakit kulit cukup mudah. Siapkan lidah buaya secukupnya, lalu potong bagian ujungnya sampai anda menemukan gel didalam lidah buaya tersebut. Setelah itu, oleskan gel pada daerah kulit yang dihinggapi kurap, kudis, kutu air atau panu.
  • Bawang Putih
Tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif dengan umbi lapis ini sudah sangat populer di masyarakat. Biasanya bawang putih digunakan sebagai bumbu dapur yang akan melezatkan rasa masakan. Selain itu bawang putih juga mempunyai banyak manfaat lain, yaitu salah satunya bisa digunakan sebagai obat penyakit kulit, karena:
  1. Bawang putih mempunyai senyawa sulfur yang bernama allicin dan thiacremonon. Senyawa tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang mampu menyembuhkan berbagai jenis peradangan pada penyakit kulit.
  2. Bawang putih juga mempunyai sifat lain yaitu antibakteri, antimikroba, antijamur dan antiseptik alami yang mampu mematikan berbagai penyebab penyakit kulit seperti kudis, kutu air, panu dan kurap.
Cara mengolah bawang putih sebagai obat penyakit kulit cukup simple. Siapkan 4-6 siung bawang putih, lalu tumbuk bawang putih hingga halus dan tambahkan sedikit air matang ke dalamnya. Setelah itu, anda bisa mengoleskan bawang putih ke daerah kulit yang bermasalah.

Metode yang sangat mudah dan sederhana bukan untuk mengatasi sebuah penyakit kulit? Anda bisa mencobanya, karena menggunakan metode di atas cukup aman untuk kulit dan tidak memberikan efek samping yang berarti bagi tubuh. Jangan lupa jaga kebersihan diri agar di lain waktu penyakit kulit tidak menyerang lagi. Semoga bermanfaat.

6 Tanaman Obat Penyakit Kulit

No comments:

Post a Comment