Thursday, April 13, 2017

Khasiat Tanaman Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Mahkota Dewa Bagi Kesehatan - Sangat beruntung sekali kita tinggal di Indonesia yang diperkaya oleh berbagai macam tanaman obat. Untuk berbagai jenis keluhan ataupun penyakit yang diderita seolah telah tersedia obatnya di alam. Salah satu tanaman obat yang terkenal efektif dalam mengobati berbagai macam penyakit adalah mahkota dewa. Sudah tahukah Anda mengenai khasiat mahkota dewa bagi kesehatan? mari simak penjelasan di bawah ini.


Di Jawa, tanaman mahkota dewa atau Phaleria macrocarpa sudah sejak dulu biasa ditanam di pekarangan rumah sebagai peneduh atau sebagai tanaman hias. Bagian dari tanaman mahkota dewa yang kerap kali dimanfaatkan yaitu buah, daun,dan bijinya. Mahkota dewa memiliki peran sebagai antikanker, antitumor, analgetik, antibodi, antiradang, antipiretik, dan hiperurinesia atau anti asam urat.

Bukti Empiris Berkaitan dengan Khasiat Mahkota Dewa

Dari bukti empiris, khasiat mahkota dewa dirasakan oleh pasien kanker, penyakit liver, diabetes, hipertensi, encok, rematik, disentri, kolesterol tinggi, hingga ke penyakit penyakit yang lebih ringan seperti misalnya bisul, jerawat, gatal gatal, dan gigitan serangga. Di Maluku biji mahkota dewa biasanya dikeringkan dan disangrai yang kemudian di seduh untuk dijadikan obat asam urat.

Walaupun memang berkhasiat bagi kesehatan, tetapi konsumsi buah mahkota dewa harus sangat hati-hati. Didalam kandungan buah mahkota dewa terdapat sejumlah kecil racun yang bila dikonsumsi dalam jangka panjang bisa memicu kerusakan pada organ tubuh. Oleh sebab itu, buah mahkota dewa ada baiknya tidak untuk sebagai pengobatan oral.

Mahkota dewa bisa berperan sebagai sintosinon atau oksitosin yang memicu kinerja otot rahim sehingga diyakini bisa memperlancar proses persalinan. Namun, konsumsi mahkota dewa saat hamil muda sangat tidak dianjurkan karena efek pemicu tersebut ditakutkan malah menimbulkan keguguran.
 

Senyawa Aktif yang Terdapat pada Mahkota Dewa

Daun mahkota dewa mengandung saponin, antihistamin, alkaloid dan polifenol. Kulit buah mahkota dewa mengandung  saponin, flavonoid, dan alkaloid. Sementara buah mahkota dewa mengandung tanin, flavonoid, fenol, alkanoid, lignan, saponin, sterol, dan minyak atsiri. Kandungan senyawa polifenol, flavonoid, saponin, minyak atsiri, alkaloid, dan tanin diketahui memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh ataupun dalam membantu mengatasi penyakit tertentu.
  • Alkaloid berkhasiat untuk memicu kerja otot rahim sehingga dipercaya mampu melancarkan menstruasi dan proses persalinan.
  • Polifenol adalah golongan senyawa sisquiterpen, bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada dinding pembuluh darah yang diakibatkan oleh kolseterol, tekanan darah tinggi, ataupun penyakit lain.
  • Flavonoid ialah antioksidan alami penangkal radikal bebas yang mampu memerangi sel sel kanker.
Satu hal yang penting untuk diingat, pengonsumsian mahkota dewa sebaiknya segera dihentikan jika penyakit telah sembuh. Sebab,mahkota dewa mengandung racun, banyak ahli herbal yang menyarankan agar mahkota dewa hanya dimanfaatkan untuk pengobatan bukan untuk pemelihara kesehatan.

Mahkota dewa mempunyai dua sisi yang saling bertolak belakang, khasiat mahkota dewa untuk mengobati penyakit dan efek samping merugikan yang jika dikonsumsi tidak sesuai dengan petunjuk. Karenanya, jika Anda tertarik mencoba pengobatan dengan mahkota dewa ini, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter atau pakar herbal yang dapat dipercaya.

Khasiat Tanaman Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

No comments:

Post a Comment